Thursday, October 31, 2019

Tanaman Melati (Jasminum)

▪Klasifikasi, Ciri Morfologi, Manfaat, dan Cara Budidaya
Klasifikasi Melati
Morfologi melati dapat menunjukkan bahwa setiap tanaman memiliki ciri atau karakteristik tersendiri, begitu juga dengan klasifikasinya. Berikut klasifikasi dari melati;
Kingdom : Plante
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Oleales
Famili : Oleaceae
Genus : Jasminum
Spesies : Jasminum sambac L.

▪Ciri Morfologi Melati
1.Bunga
Bunga pada melati awalnya akan berbentuk seperti terompet, dan berwarna merah tua terlebih sebelum mekar, tergantung dari jenis dan spesiesnya. Setelah bunga mekar, warnanya akan berubah menjadi putih dan memberi aroma yang harum.
2.Daun
Daun yang dimiliki oleh tanaman melati berbentuk bulat oval dengan panjang sekitar 2 sampai 10 cm dan lebar sekitar 1,5 sampai 6 cm, tergantung dari jenisnya. Pada bagian tepi daun tidak rata dan sedikit bergelombang dengan posisi menyirip.
3.Batang
Batang dari tanaman melati merupakan jenis batang semak yang memiliki tinggi kurang dari 5m. Batang tanaman melati berwarna coklat dengan bentuk bulat sampai segi empat dengan banyak cabang.
4.Akar
Melati merupakan tanaman parennial, yaitu tanaman yang dapat tumbuh lebih dari satu tahun serta memiliki ketinggian 0,5 sampai 2 meter, sehingga melati membutuhkan akar yang kuat. Akar yang dimiliki oleh tanaman melati merupakan jenis akar tunggang yang bercabang, dimana akar ini diperkirakan dapat menopang tanaman sampai ketinggian kurang lebih 5 m.

▪Manfaat Melati :
Mengobati jerawat
Mencegah penuaan dini
Menghaluskan kulit
Mengobati sesak napas
Mengurangi produksi ASI berlebihan
Mencegah Kolesterol Tinggi
        M. Ibnu Abbas A./X MIPA 3/21

No comments:

Post a Comment