Friday, October 25, 2019

Nama:Sabina Rensa Gita Segara
Kelas:X Mipa 2
Red Frangipani(plumeria rubra)
Plumeria rubra adalah spesies tanaman gugur yang termasuk genus Plumeria. Berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, Kolombia, dan Venezuela, telah dibudidayakan secara luas di iklim subtropis dan tropis di seluruh dunia dan merupakan taman dan tanaman taman yang populer, serta digunakan di kuil dan pemakaman. Tumbuh sebagai pohon yang menyebar hingga 7-8 m (23–26 kaki) tinggi dan lebar, dan dibanjiri dengan bunga harum bernuansa merah jambu, putih dan kuning selama musim panas dan gugur. Nama-nama umumnya termasuk kamboja, merah paucipan, melati merah, kamboja merah, kamboja umum, pohon kuil, atau hanya plumeria.
Plumeria rubra tumbuh sebagai semak yang menyebar atau pohon kecil dengan ketinggian 2-8 m (5–25 kaki) dan lebar yang sama. Ia memiliki batang yang tebal dan sukulen seperti cabang tumpul yang ditutup dengan kulit abu-abu tipis. Cabang-cabangnya agak rapuh dan ketika pecah, mengeluarkan getah putih yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan selaput lendir.
Kerajaan:Plantae
Clade :Angiospermae
Clade :Eudicots
Clade :Asterida
Memesan:Gentianales
Keluarga:Apocynaceae
Marga:Plumeria
Jenis:P. rubra
•Habitat
Jangkauan aslinya meluas dari Meksiko tengah ke selatan melalui Amerika Tengah ke Kolombia dan Venezuela di Amerika Selatan.
•Manfaat
Bunga kamboja atau plumeria memang dikenal sebagai bunga mistis di Indonesia, karena memang kerap digunakan dalam upacara keagamaan oleh umat Hindu Bali, dan terkadang ditanam di pemakaman.

No comments:

Post a Comment