Friday, October 25, 2019

KLASIFIKASI TANAMAN PURING BY:LILA AULIA(X-MIPA 2)


TANAMAN PURING ( Codiaeum variegatum)

*    Deskripsi
         Tanaman puring adalah tanaman semak perdu yang sering kita jumpai disekitar kita. Tanaman puring ini biasanya dapat kita temui di pekarangan rumah, ladang, kebun, kuburan dan tepi jalan. Nama latin tanaman puring adalah Codiaeum Variegatum Bi. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman puring mempunyai nama Croton. Menurut sejarah tanaman puring ini berasal dari Indonesia. Penyebaran tanaman puring ni berada pada daerah subtropis dan tropis. Ciri tanaman puring ini mempunyai daun yang berwarna-warni dengan ukurang pohon yang tidak terlalu besar. Tanaman puring ini banyak memiliki kulvitar jenis dari daun seperti tanaman puring merah, tanaman puring kuning, tanaman puring orange, tanaman puring jingga dan lain-lain. Fungsi dan kegunaan tanaman puring bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai tanaman hias karena mempunyai daun yang indah. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman puring ini memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Tanaman puring(codiaeum variegatum) memiliki klasifikasi sebagai berikut:
KINGDOM                    : Plantae (Tumbuhan)
SUB KINGDOM           : Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh)
INFRA KINGDOM      : Streptophyta
SUPER DIVISI             : Spermatatophyta (Menghasilkan Biji)
DEVISI                         : Magnoliophyta(Tumbuhan Berbunga)
SUB DIVISI                  : Angiospermae
KELAS                         : Magnoliopsida(Berkeping dua/dikotil)
SUB KELAS                 : Rosidae
SUPER  ORDO             : Rosanae
ORDO                           : Euphorbiales
FAMILY                       : Euphorbiaceae
GENUS                         : Codiaeum
SPESIES                       Coidaeum variegatum
NAMA LATIN`            : Codiaeum variegatum
NAMA INGGRIS          : Purging croton, croton, hogwort
NAMA INDONESIA    : Cerakin, kamalakian (Sunda)
NAMA LOKAL            : Puring
NAMA DAERAH          :. Di Sumatera dikenal dengan nama tarimas, siloastam (Batak), nasalan (Nias), Pudieng (Minangkabau, Lampung). Di jawa dikenal dengan nama puring (Sunda, Jawa), Karoton (Madura). Di Nusa Tenggara dikenal dengan nama demung, puring (Bali), daun garida (Timor). Di Kalimantan di kenal dengan nama uhung dan dolok. Di Sulawesi dinamakan dendiki (Sangir), Kejondon, Kalabambang, dudi, leleme, kelet, kedongdong disik (Minahasa), nuniki balano (Buol), balenga semangga (Makassar), dahengora, mendem (Manado). Di Maluku dikenal dengan nama susurite, salu-salu, fute, ai haru,sinsite, siri-siri (Seram), galiho, dahengaro, salubuto (Halmahera), dahengora, daliho (Ternate, Tidore).


*    BENTUK FISIK TANAMAN PURING:
Bentuk daun tanaman puring bervariasi, ada yang berbentuk pita yang panjangnya 5 cm – 30 cm, elips, oblong, bulat, hingga seperti ujung tombak. Permukaan daun ada yang rata, bergelombang, dan berpilin. Warna daun juga bervariasi, ada yang berwarna hijau tua polos dan ada pula yang memiliki lebih dari tiga macam warna dengan variasi hijau, coklat, merah, biru dan kuning. Coraknya ada yang berbintik-bintik, bergaris-garis, dan belang-belang. Daun dan tangkainya memiliki getah berwarna bening hingga putih. Bunga telanjang dengan benang sari yang banyak dan tersusun berangkai dalam satu tangkai bunga. Batang berkayu dan bergetah, tinggi mencapai 3 meter dan memiliki percabangan yang banyak.
*    CIRI-CIRI TANAMAN PURING:

·        AKAR DAN BATANG FURING
Akar tanaman puring adalah akar tunggang dan berwarna kuning muda.Tanaman puring merupakan tanaman semak atau pohon kecil yang tingginya bias mencapai 4meter.Batang puring berbentuk bulat,berkayu,keras dan bercabang banyak serta berwarna coklat kehijauan.
·        DAUN PURING
Daun puring memiliki bentuk yang bermacam-macam,mulai dari bulat oval,lonjong,jorong,atau pita.Bentuk tepi daun puring juga bervariasi ,ada yang merata,bergelombang atau terpilin.Ujung daun puring ada yang runcing atau tumpul.Daun puring tersusun selang seling atau berhadap-hadapan dan duduk diruas batang utama.
Warna puring juga bermacam-macam,ada yang berwarna hijau tua,atau kombinasi hijau coklat,merah dan kuning.Terdapat corak yang berbentuk bintik-bintik,garis-garis atau belang-belang pada daun.Daun dan tangkai puring mempunyai getah yang berwarna putih transparan.
·        BUNGA PURING
Tanaman puring adalah tanaman berumah,yaitu bunga jantan dan bunga betina terpisah pada tandan yang berbeda.Bunga puring adalah bunga telanjang,benang sarinya berjumlah banyak dan tersusun berangkai pada satu tangkai bunga .Bunga jantan puring terkumpul dalam kelompok.
Tangkai bunga halus dan berukuran panjang,daun kelopak berjumlah lima dan melekat pada pangkalnya.Daun mahkota sangat kecil,kelopak berlekuk lima,tangkai putik melekat dibawah dan bunga betina berdiri sendiri disumbu tandan.
·        BUAH DAN BIJI PURING
Buah puring berbentuk bulat dengan diameter 2 mm dan berwarna kehijauan.Bijinya berukuran kecil seperti pasir dan berwarna coklat.Biji ini berbentuk bulat dan terdapat didalam buah.

*   MANFAAT DAUN PURING UNTUK KESEHATAN TUBUH KITA:
Selain warna daunnya yang cantik, berbagai zat kimia dan nutrisi dalam puring efektif untuk mengatasi bermacam-macam gangguan kesehatan dan penyakit. Berikut ini adalah manfaat yang luar biasa dari daun puring untuk pengobatan:
1.Mengobati penyakit cacingan Cacing kremi dapat masuk melalui makanan yang tidak higienis. Akibatnya, anak anda dapat menderita cacingan. Puring ternyata efektif sebagai obat cacingan, yang tidak menimbulkan efek samping. Cukup dengan minum air hasil dari rebusan ranting pohon puring yang belum tua.
2. Penyaring udara kotor Tak ada ruginya, menanam puring di dekat jendela. Kenapa bisa begitu? Ya, karena daunnya mampu menyerap zat timbal yang mencemari udara. Timbal merupakan unsur yang berbahaya dan merugikan kesehatan. Jadi, lindungi keluarga anda dengan tanaman ini.
3. Menenangkan kejang lambung Air yang didapatkan dengan merebus akar dan kulit pohon puring ternyata juga mampu untuk meredakan kejang pada lambung.
4. Menghilangkan mulas Aktivitas sehari-hari akan terganggu saat perut terasa mulas. Atasi gangguan tersebut dengan cara tradisional. Tumbuk akar puring dan 3 lembar daun dadap, kemudian peras untuk mengambil airnya. Minum airnya untuk mengobati mulas. Mungkin anda akan mengalami diare setelah minum airnya, tapi hanya sebentar dan segera hilang.
 5. Melancarkan aliran darah Tannin yang terdapat dalam getah puring merupakan zat penting yang dapat melancarkan sirkulasi darah.
6. Mengobati sakit perut pada anak-anak Jika anak anda menderita sakit perut, tak perlu panik. Petik tujuh lembar pucuk daun puring yang berwarna kuning, tambahkan sedikit air. Tumbuk samapi terbentuk pasta lembut, oleskan pada perutnya.
7. Meningkatkan nafsu makan Ketika anak anda kehilangan selera makan, atasi dengan puring. Ambil batang puring muda, rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih beberapa saat. Tunggu sampai airnya dingin, minum dengan rutin di pagi hari.
8. Sulit berkeringat Daun puring memiliki sifat diaforetik, yang mampu meluruhkan keringat. Ketika tubuh anda sulit mengeluarkan keringat, rebus daun puring dengan air bersih kemudian minum saat airnya hangat.
9. Mengatasi sifilis Nyeri dan rasa sakit akibat gejala syphilis dapat diobati dengan obat rumahan. Caranya, ambil sebatang puring yang masih lengkap. Cuci dengan air mengalir, kemudian rebus bersama 5 gelas air. Biarkan airnya tersisa 2 ½ gelas, angkat. Bagi airnya menjadi 3 bagian dengan takaran sama. Tambahkan gula aren saat minum airnya di pagi, siang, dan malam hari.
10. Mengatasi sembelit Gangguan pencernaan dapat disebabkan oleh kurangnya asupan serat, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan sembelit. Puring dapat digunakan sebagai obat sembelit. Rebus kulit batang dan akar puring, dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya menyusut segelas. Airnya dapat diminum setiap hari.
11. Mengatasi gangguan saluran kemih pada anak-anak Jika anak anda menderita sakit saat berkemih, atasi dengan obat rumahan. Berikan air rebusan dari kulit batang dan akar puring.
12. Mengatasi gatal pada kulit Zat pahit yang ada di dalam kulit pohon puring ternyata efektif untuk menghilangkan gatal yang menyerang kulit tubuh.
13. Mengobati eksema Dengan mengkonsumsi air hasil rebusan daun puring, maka eksema dapat disembuhkan.

No comments:

Post a Comment