Friday, October 25, 2019

Citrus aurantifolia

By : Alifia Faizatuz Zahroh 02 / X MIPA 1

Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Divisi       : Magnoliophyta
Kelas        : Magnoliopsida
Ordo.       : Sapindales
Famili      : Rutaceae
Genus      : Citrus
Spesies     : C. Aurantifolia

Habitat
Tanaman ini umumnya menyukai tempat yang dapat memperoleh sinar matahari langsung. Citrus aurantifolia dikenal di Pulau Jawa dengan nama jeruk nipis. Jeruk nipis termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Tingginya sekitar 0,5-3,5 m. Batang pohonnya berkayu ulet, berduri, dan keras. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam. Daunnya majemuk, berbentuk elips dengan pangkal membulat.

Manfaat
1. Mencerahkan kulit wajah.
2. Mengobati amandel.
3. Obat batuk.
4. Menghilangkan jerawat.

Cara Pemanfaatan
1. Mencerahkan kulit wajah: Memeras perasan air jeruk nipis, kemudian oleskan pada ke wajah dengan bantuan kapas.
2. Mengobati amandel: Ambil jeruk nipis segar sebanyak 3 buah, cuci sampai bersih, lalu jeruk nipis dipotong kecil-kecil, rebus jeruk menggunakan air. Lalu gunakan air rebusan untuk berkumur dengan menghadap ke atas. Lakukan selama 2-3 kali dalam sehari.
3. Obat batuk: Caranya ambil buah jeruk segar yang telah dicuci bersih, ambil airnya dengan cara di peras. Campur air perasan menggunakan satu sendok madu dan tambahkan sedikit garam beryodium. Aduk sampai merata. Lalu saring. Minum minimal sehari 2 kali.
4. Menghilangkan jerawat: Caranya dengan cara membelah buah jeruk nipis lalu oleskan pada area wajah, jika masih ada bekas luka, jangan pakai cara ini dulu karena nanti akan terasa sangat perih.

No comments:

Post a Comment