Thursday, October 31, 2019

Bunga Asoka (Ixora acuminata) by: Widya Cantika P (34)-X mipa 2

Bunga Asoka
(Ixora acuminata)
 Pohon asoka adalah pohon yang dianggap suci oleh agama hindu. Pohonnya akan mengeluarkan harum di bulan April& Mei. Biasanya tanaman ini digunakan untuk penghijauan ataupun tanaman hias. Orang-orang eropa sering menyebut tanaman ini Flame of the wood atau api dari hutan karena warna bunganya yang cerah dan mencolok layaknya api. Berikut adalah klasifikasinya:
Kingdom: Plantae
Sub kingdom: Viridiplantae
Infa kingdom: Streptophyta
Super devisi: Embryophyta
Divisi: Tracheophyta
Sub divisi: Spermatophytina
Kelas: Magnoliopsida
Super ordo: Asteranae
Ordo: Gentianales
Famili: Rubiaceae
Genus: Ixora L.
Spesies: Ixora acuminata Roxb
Dan ciri-ciri morfologi dari tanaman asoka adalah sebagai berikut:
-Akar
tanaman Asoka memiliki akar tunggang dan berwarna coklat
-Batang
Tanaman bunga asoka tidak memiliki daun yang lengkap hanya memiliki tangkai daun dan helaian daun daunnya berbentuk lonjong dan ukurannya dapat mencapai 25 cm dengan lebar 10 cm daunnya majemuk yang mirip dengan anak daun yang saling berpasang-pasangan ukuran tangkai daunnya 1 sampai 2 cm. Pada umumnya daun Asoka berwarna hijau dan juga coklat pada bagian dekat batangnya bagian tepi daunnya memiliki bentuk pertulangannya menyirip memiliki warna daun hijau muda dan hijau tua.
-Bunga
Bunganya bersifat majemuk berkelamin dua serta bergerombol. Kelopak bunganya memiliki bentuk mirip corong, benang Sarinya berjumlah 4 ,dan kepala Sari menempel pada bagian mahkota bunga karena warna bunga tanaman Asoka ini bermacam-macam mulai dari merah, muda merah terang, bahkan juga jingga dan kuning.
-Batang
Batangnya berdiri tegak dengan pohon berkayu bulat diameter pangkal batang Asoka dapat mencapai 40 cm batangnya gelap dengan bercak di batang, cabang dan rantingnya.
  Tanaman asoka juga memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sebagai berikut:
1.Mengatasi tekanan darah tinggi
 Caranya adalah dengan merebus bunga Asoka dengan air murni sebanyak 600 cc hingga tersisa setengahnya. Lalu minum satu gelas sehari setelah makan malam.
2.Mengatasi Disentri Homorganic dan Wasir Caranya cukup dengan menumbuk bunga asoka dan tambahkan sedikit air matang, kemudian diminum setengah gelas saja.
3.Mengobati luka memar
 Caranya adalah dengan merebus bunga Asoka beserta daunnya sebanyak 30 gr, umbi dari daun dewa sebanyak 10 gr, dan bunga mawar yang dikeringkan sebanyak 10 gr dengan air sebanyak 600 cc hingga tersisa setengahnya. Kemudian saring dan minum dua kali sehari setelah makan.

No comments:

Post a Comment