Monday, October 28, 2019

Klasifikasi Jambu Biji(Psidium guajava) By:Zinniya F (X-MIPA 2/35)






KLASIFIKASI JAMBU BIJI
Oleh: Zinniya Fatihah (X-MIPA 2)


Psidium guajava
*Deskripsi
Jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu bijijambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C.
Tanaman ini dapat ditemukan di ketinggian 1-1200 m dibawah permukaan laut.Tanaman ini juga termasuk kedalan jenis perdu atau pohon atau pohon kecil dengan ketinggian kira-kira 2-10 m,percabangannya banyak.Batangnya berkayu dan keras,kulit batang licin,mengelupas,berwarna coklat kehijauan.

*Klasifikasi Ilmiah
Kingdom        : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom  : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi  : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi             : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas              : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas      : Rosidae
Ordo               : Myrtales
Famili             : Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus             : Psidium
Spesies           Psidium guajava L.
*Morfologi Jambu Biji
Morfologi Batang
Jambu biji termasuk kedalam jenis tanaman perdu atau pohon kecil dimana jambu biji bisa memiliki pohon dengan tinggi sekitar 2-10 meter. Karena termasuk tanaman dikotil jambu biji memiliki batang yang berkayu dan tentunya keras serta kulit batang yang licin dan berwarna coklat kehijauan.

Morfologi Daun
Jambu biji memiliki daun yang termasuk kedalam daun tunggal, dan juga termasuk kedalam jenis daun tidak lengkap karena hanya memiliki tangkai dan helai daun saja atau disebut juga dengan daun bertangkai. 
Jambu biji memiliki tulang daun yang menyirip karena memiliki tulang punggung yang membentang dari pangkal sampai keujung daun. Bagian ujung daun jambu biji berbentuk tumpul dan bagian atas daun jambu biji memiliki warna yang jauh lebih terang dibandingkan bagian bawahnya.

Morfologi Buah
Jambu biji memiliki buah yang berukuran seperti bola tenis dan tentunya berbentuk bulat, namun dalam beberapa spesies jambu biji ada yang memiliki buah yang kecil seperti bola pingpong dan sangat besar melebihi bola tenis. Daging buah jambu biji sendiri dapat dikatakan tebal dimana daging buah itu akan bertekstur lunak apabila buah sudah matang.
Mengenai biji, jambu biji memiliki biji yang banyak berkumpul dibagian tengah dan ditutupi oleh daging buah. Ukuran biji jambu lumayan kecil seperti butiran pernak pernik gelang dan memiliki warna kuning kecoklatan.




*Kandungan
Jenis Nutrisi / Gizi
Kandungan
AKG%
Kalori
68kcal
Karbohidrat
14,32g
Air
Protein
2,55g
Gula
8,92g
Serat
5,4g

Lemak
0,95g
Vitamin A
31µg
4%
Vitamin C
228,3mg
275%
Vitamin D
0µg
Vitamin E (alpha-tocopherol)
0,73mg
4%
Vitamin K
2,6µg
2%
Vitamin B1 (Thiamine)
0,067mg
6%
Vitamin B2 (Riboflavin)
0,04mg
3%
Vitamin B3 (Niacin)
1,084mg
7%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)
0,451mg
9%
Vitamin B6
0,11mg
8%
Vitamin B9 (Folat)
49µg
12%
Kalsium
18mg
2%
Zat Besi
0,26mg
2%
Mangan
0,15mg
7%
Magnesium
22mg
6%
Fosfor
40mg
6%
Potassium (Kalium)
417mg
9%
Sodium
2mg
0%
Seng (Zinc)
0,23mg
2%

*Manfaat
1. Mencegah Penyakit Kanker
Salah satu manfaat yang paling penting dari menambahkan jambu biji ke dalam diet kita adalah kemampuannya untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.  Beberapa penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terkakhir ini menunjukan adanya efek jambu biji terhadap pencegahan penyakit kanker prostat dan payudara. Kemampuan jambu biji ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang bernama  Lycopene. Lycopene adalah antioksidan kuat yang dapat menurunkan risiko kanker prostat dan kanker Payudara.
2. Mengendalikan Diabetes
Asupan buah Jambu Biji juga dapat membantu pasien yang menderita penyakit diabetes. Tingginya kadar serat makanan yang terkandung dalam jambu biji ini dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi makanan yang berserat tinggi dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe-2.
3. Mengatur Tekanan Darah dan mengurangi risiko penyakit Jantung
Jambu Biji yang mengandung serat tinggi ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan juga mencegah terjadinya penebalan kolesterol dalam darah sehingga dapat tetap menjaga kecairan darah dan menurunkan tekanan darah. Jambu biji juga mengandung Potasium atau Kalium tinggi yang berguna untuk menjaga kadar natrium yang tepat dalam tubuh kita sehingga dapat mengendalikan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.
4. Meningkatkan Produksi Darah
Buah Jambu Biji mengandung Vitamin E, Vitamin K, Asam Pantotenat, Vitamin B3 (niacin), Vitamin B6, Vitamin B9 (Folat) dan mineral seperti zat besi, mangan dan magnesium yang diperlukan dalam pembentukan darah. Vitamin C dalam jambu biji juga meningkatkan kapasitas tubuh kita dalam menyerap lebih banyak zat besi (Iron).


No comments:

Post a Comment