Friday, October 25, 2019

RAMBUTAN(Nephelium lappaceum)



Nama:Dhaymatus Wirdatul zannah
Kelas:X MIPA I/09

•KLASIFIKASI
Kingdom:Plantae
Sub Kingdom : Viridiplantae
Infra Kingdom : Streptophyta
Super Divisi : Embryophyta
Divisi : Tracheophyta
Sub Divisi : Spermatophytina
Kelas : Magnoliopsida
Super Ordo : Rosanae
Ordo : Sapindales
Family : Sapindaceae
Genus : Nephelium L.
Spesies : N. lappaceum

•HABITAT
Habitat yang cocok untuk tanaman ini adalah dataran rendah daerah tropis dengan ketinggian sekitar 30-500 meter di atas permukaan laut. Pada ketinggian lahan kurang dari 30 meter produksi buahnya kurang begitu baik. Keadaan tanah yang disukai rambutan adalah tanah gembur dan sedikit berpasir dengan tingkat keasaman pH 5,5-6,7.9  Namun tanaman ini masih bisa tumbuh pada tanah yang kurang subur dan memiliki drainase yang buruk, asalkan bukan tanah tergenang.

•MANFAAT
Mengobati Kencing Manis
Biji buah rambutan tidak beracun dan mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan juga mengandung lemak polifenol cukup tinggi. Komposisi zat kimia pada biji rambutan dapat menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah) sehingga biji rambutan banyak digunakan dalam bidang pengobatan alternatif guna menormalkan kadar gula darah penderita kencing manis (diabetes mellitus yang cenderung tinggi).

•CARA MEMANFAATKAN
Cara penggunaanya yaitu dengan cara sangrai biji buah rambutan sebanyak 5 biji sampai berwarna hitam, kemudian tumbuk sampai halus. Bubuk biji buah rambutan diseduh menggunakan air secangkir dan minum 2 kali sehari sampai terasa perubahanya.

No comments:

Post a Comment