Thursday, October 24, 2019


KLASIFIKASI PUCUK MERAH(Syzygium oleana)



Nama:Firda Septiana Rahmawati
Kelas :X MIPA III/14

Kingdom: Plantae

Sub kingdom: Viridiplantae

Infra kingdom: Streptophyta

Super divisi: Embryophyta

Divisi: Tracheophyta

Sub divisi: Spermatophytina

Kelas: Magnoliopsida

Super ordo: Rosanae

Ordo: Myrtales

Famili: Myrtaceae

Genus: Syzygium p. Br. Ex gaertn.

Spesies: Syzygium oleana


Morfologi Pucuk Merah

Untuk morfologi dari tanaman pucuk merah ini terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan biji atau buah. adapun morfologi dari pucuk merah adalah sebagai berikut.

AKAR
Pucuk merah mempunyai morfologi akar terdiri dari akar tunggang yang merambat dan terus membesar. Akar berbentuk bulat dan berwarna coklat.

BATANG
Batang tanaman pucuk merah memiliki bentuk yang bulat, berkayu, dan mempunyai kambium didalamnya. Tinggi dari batang pucuk merah ini bisa mencapai ketinggian 5 meter .

DAUN
Bentuk dari daun pucuk merah ini berbentuk oval dengan lancip pada ujung daunnya, untuk struktur daun pucuk merah mempunyai tulang daun dengan tumbuh ditiap rantingnya. Warna dari daun pucuk merah ini cukup unik, karena jika daun masih muda, daunnya akan berwarna merah, seiring waktu daunnya akan berubah menjadi hijau

MANFAAT PUCUK MERAH
daun pucuk merah dapat dijadikan sebagai bahan pewarna. Pigmen warna orange-merah pada daun pucuk merah dapat dijadikan bahan pewarna makanan. Untuk mendapatkan warnanya dapat dilakukan dengan cara merebus daunnya dengan air hingga air rebusan berwarna merah. Hasil dari rebusan dapat langsung dicampur dengan bahan makanan. Selain berwana merah, hasil dari rebusan daun pucuk merah memiliki aroma yang harum sehingga mampu menambah cita rasa makanan.

No comments:

Post a Comment