Thursday, October 24, 2019

Bunga Jarak Bali By:Stevi Aprilianti.C(X-MIPA 2)

JARAK BALI
(Jatropha Podagrica)
1.Deskripsi Bunga Jarak Bali
Jarak Bali yang mempunyai nama latin Jatropha podagrica hook lebih dikenal sebagai tanaman hias yang biasa ditanam di pekarangan atau tempat rekreasi. Tanaman ini berasal dari Amerika, memiliki bunga berwarna merah oranye yang menarik dan buahnya berbentuk elips melebar.
Dijelaskan pada situs ncbi.nlm.nih.gov, jarak bali ini merupakan tanaman perdu tegak dengan tinggi 0,5-1,5 meter, bergetah warna putih, batang tunggal atau sedikit bercabang, dengan pangkal batang yang membesar dan melembung seperti umbi. Daun bertangkai yang panjangnya 20¬30 cm, helai daun bangun perisai, bentuknya bulat telur melebar dengan ukuran penampang 20-40 cm, bercangap 3 atau 5, taju runcing atau membulat. Bunga dalam malai rata yang bertangkai panjang, dengan bunga betina dan bunga jantan dalam satu tangkai, warnanya merah oranye. Buah bentuk elips melebar, panjang 1,5 cm. Biji lonjong atau bulat panjang.



2.Klasifikasi Bunga Jarak Bali
   
Kingdom: Plantae

(tanpa takson): Angiospermae

(tanpa takson): Eudikotil

(tanpa takson): Rosidae

Ordo: Malpighiales

Famili: Euphorbiaceae

Genus: Jatropha

Spesies: J. podagrica


3.Manfaat Bunga Jarak Bali
1.Biji jarak bali digunakan sebagai obat pencahar, anti-helminthic dan abortifacient (mencegah aborsi).
1. Biji tanaman ini juga digunakan untuk mengobati asites (pengumpulan cairan dalam perut).
2. Selain itu, bijinya dapat digunakan untuk obat asam urat.
3. Biji tanaman ini ternyata digunakan untuk mengobati kelumpuhan. 
4. Minyak biji tanaman ini telah digunakan sebagai ramuan dalam pengobatan rematik.
5. Ektraksi atau minyak biji juga mampu mengatasi gatal dan parasit kulit.
6. Minyak biji digunakan untuk mengobati demam.
7. Tak hanya itu, ekstraknya dapat mengobati sakit kuning.
8. Ramuan herba dari biji jarak bali dapat mengobatai penyakit gonore.
9. Herba biji jarak digunakansebagai agen diuretik dan obat pencuci mulut.
10. Daun jarak bali digunakan sebagai agen hemostatik (menghentikan pendarahan pada pembuluh).
11. Kulit kayu jarak pagar digunakan untuk meracuni ikan.
12. Biji tanaman ini digunakan sebagai obat pencahar oleh orang Afrika, dengan cara dikunyah.
13. Benih tanaman ini bisa menjadi agen kemoterapi dengan dosis yang tidak mematikan.

4.Cara pengolahan
1.Mengobati Luka Sariawan
Getah jarak pagar dapat digunakan sebagai obat luka sariawan, caranya ambil getah jarak dengan kapas, kemudian tempelkan ke bagian mulut yang terkena sariawan, gunakan secara rutin sehingga sariawan akan segera sembuh.
2. Mengobati Sakit Gigi
Gigi yang berlubang akan mudah dimasuki oleh bakteri, yang menyebabkan rasa sakit, untuk mengatasi rasa sakit pada gigi, dapat menggunakan getah jarak yang diteteskan pada bagian gigi yang sakit, getah jarak dapat mengobati sakit gigi karena, getah jarak mengandung antimikroba yang mampu membasmi bakteri Ecshereccia Coli, Streptococcus, Staphylococcus.
3.Mengobati Sakit Luka
Getah jarak yang memiliki zat antimikroba dapat membuat luka cepat kering, dengan meneteskan getahnya menggunakan kapas, dan diamkan beberapa saat maka, luka tersebut akan cepat kering.
4.Mengobati Keputihan pada mulut bayi.
Keputihan yang dialami bayi biasanya diakibatkan karena bakteri candida yang menempel di puting susu sang ibu, yang kemudian ketika menyusui bayinya akan menempel dan berkembang biak, mengakibatkan mulut bayi mengalami keputihan. Untuk mengatasinya ambil batang jarak yang masih segar kemudian ambil getahnya dan teteskan pada mulut bayi.
5.Mengobati Radang Telinga
Untuk mengobati sakit pada telinga yang diakibatkan karena influensa, dapat menggunakan getah jarak yang ada pada daun jarak.
Dengan mengambil getahnya sebanyak satu sendok makan dan teteskan sebanyak 6 kali, diamkan beberapa saat kemudian bersihkan menggunakan kapas secara perlahan.
Ad
6. Mengatasi Sembelit ( Susah Buang Air Besar )
Sembelit adalah penyakit yang bisa dialami oleh semua kalangan dari orang dewasa hingga anak-anak, untuk mengatasi sembelit dapat menggunakan daun jarak pagar caranya : Untuk Orang dewasa : tumbuk 8 – 10 biji jarak kemudian, beri sedikit air panas dan peras, dan minum sekaligus air perasan tersebut.
Untuk Anak-anak : Ambil beberapa helai daun jarak yang masih muda kemudian layukan dengan api, tempelkan daun jarak tersebut ke perut anak menggunakan minyak kelapa.
7.Mengatasi Ketombe
Ketombe adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala, ketombe biasanya tampak berwarna putih di rambut, untuk mengatasi ketombe dapat menggunakan daun jarak yang ditumbuk secara halus, kemudian oleskan di kulit kepala lakukan secara rutin sebelum keramas.
8. Menyuburkan rambut


Untuk menyuburkan rambut dapat menggunakan biji jarak, caranya tumbuk 20 – 30 biji jarak, peras ambil minyaknya dan oleskan pada kulit kepala.

No comments:

Post a Comment