Friday, October 25, 2019

Nama: mulia putri
Kelas:x-mipa 2



Brokoli kuning merupakan jenis tanaman semak yang biasanya dijadikan batas area tanam di sebuah taman atau halaman rumah.
>Daunnya mayoritas berwarna kuning atau hijau.
>Tumbuhan ini hanya bisa tumbuh maksimal mencapai 60 cm dengan diameter tajuk mencapai 40 cm.
>Batangnya lunak dan memiliki jenis akar serabut.

Namanya memang mirip sayuran yah. Tapi sebenarnya itu bukan sayuran. Si bunga Brokoli ini merupakan pendatang baru di dunia tanaman hias.

Keunggulan Si Bunga Brokoli :
1. Posturnya mini, biasanya tanaman berpostur mini cenderung lebih kuat.
2. Perwatannya mudah.
3. Nggak perlu adanya perawatan khusus.
4. Warnanya kuning terang, menjadikan taman lebih kaya warna.
5. Tidak terpengaruh akan yang namanya cuaca.
6. Tidak memerlukan banyak asupan air.

Nama Latin : Euodia suaveolens var. ridleyi
Sinonim : Melicope denhamii
Nama lokal : zodia , brokoli hias kuning (indonesia) , Golden False Aralia (inggris)
Family : Rutaceae
Tipe tanaman : semak rendah ( tinggi maks : 1 m )

Ketinggian lokasi tumbuh : Dataran rendah , Dataran tinggi
Kelembaban : sedang
Penyinaran : langsung , semi naungan
Kebutuhan air : intensif
Warna daun : kuning
Perbanyakan : stek , biji
Kecepatan tumbuh : cepat

Manfaat
  1. Mengatasi edema pada kulit
Manfaat lainnya dari bunga brokoli kuning bagi kesehatan adalah membantu dalam mengatasi kondisi edema yang terjadi pada kulit. Manfaat tersebut dapat diperoleh karena adanya kandungan vitamin C dan vitamin B di dalam bunga brokoli kuning tersebut. Kulit yang rusak akibat edema dapat lebih cepat sembuh dengan mengkonsumsi bunga brokoli kuning.
  1. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis merupakan permasalahan pada tulang yang mengalami pengapuran akibat kondisi tulang yang sudah tua dan kekurangan mineral penyusunya. Kandungan mineral yang tinggi terutama kalsium di dalam bungan brokoli kuning dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Osteoporosis juga dapat diatasi dengan menggunakan manfaat madu untuk tulang.
  1. Mengatasi sembelit
Sembelit menjadi salah satu bentuk permasalahan pada pencernaan yang banyak dialami dengan kondisi kesulitan dalam buang air besar. Kandungan serat yang tinggi di dalam bunga brokoli kuning dapat membantu mengatasi kondisi sembelit sebagai salah satu manfaat tanaman tersebut pada kesehatan.
  1. Terapi untuk leukimia
Beberapa orang mencari tanaman bunga brokoli kuning karena salah satu manfaatnya dapat digunakan dalam mendukung terapi untuk penderita leukimia. Kandungan vitamin B kompleks yang melimpah di dalam bunga brokoli kuning bermanfaat dalam proses terapi untuk penderita leukimia. Efek positif ini dapat dikombinasikan dengan manfaat jamu sarang semut.
  1. Manfaat lainnya
Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas, dampak positif lain dari konsumsi bunga brokoli kuning diantaranya seperti membantu dalam mencegah terjadinya anemia, mengangkat timbunan lemak di perut, menjaga keseimbangan cairan tubuh, mengobati pusing, hingga mampu memperkuat sistem imun tubuh atau sistem kekebalan tubuh.

No comments:

Post a Comment