Thursday, October 24, 2019

KLASIFIKASI POLYALTHIA LONGIFOLIA By:Siti Rahayu Ratna Amalia (X-MIPA 3)

Nama:Siti Rahayu Ratna Amalia
Kelas :X-MIPA 3

                            Polyalthia Longifolia
                
                   Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Glodokan – Glodokan adalah tumbuhan yang berupa pohon yang termasuk dalam jenis tanaman evergreen, yang dapat tumbuh dengan baik dengan iklim apapun. Tanaman ini berasal dari India yang menyebar dengan cepat diberbagai daerah, karena memiliki pertumbuahan yang cepat.Tanaman gelodokan ini berbentuk tegak, lurus, dengan tinggi mencapai 30-35 m, bahkan lebih. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai pohon pelindung pagar, pelindung cuaca, penghasil oksigen tinggi dan juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Berdasarkan pakar botani tanaman ini memiliki klasifikasi, morfologi dan ciri – ciri sebagai berikut :

Klasifikasi tanaman glodokan

Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )
Subkingdom : Trachebionta ( Tumbuhan berpembulu )
Super Divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )
Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil )
Sub kelas : Magnoliidae
Ordo : Magnoliales
Famili : Annonceae
Genus : Polyalthia
Spesies : Poliyaltha longifolia Sonn.

Morfologi tanaman glodokan

1. Akar
Tanaman ini memiliki perakaran berukuran besar tunggal, tidak menjalar, berwarna abu – abu hingga kecoklatan, dapat menembus dengan kedalamaan  10-15 m bahkan lebih. Perakaran ini berguna untuk menyokong tanaman hingga kuat dan juga membantu penyerapan unsur air.
2. Batang
Batang berkayu, kuat, keras dan juga kokoh. Batang ini memiliki permukaan kasar, tidak beraturan dan juga memiliki diamter mencapai 20-30 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhannya. Selain itu, batang tanaman ini juga memiliki panjang mencapai 5-10 m dan percabangan yang banyak.
3. Daun
Daun berbentuk bulat ovat memanjang, berwarna kehijauan muda hingga tua, pangkal ujung meruncing, dan memiliki pertulangan daun menyirip. Selain itu, daun tanaman glodokan ini juga memiliki permukaan halus, dengan pertulangan yang tampak berwarna keputihan hingga kecoklatan.
4. Bunga
Bunga tanaman ini berukuran kecil, berwarna kuning kehijauan, tumbuh diketiak daun, bunga ini juga berbentuk payung dengan pangkal meruncing dan mahkota yang saling berdekatan yang hampir menyerupai corong dengan warna keputihan. Biasanya ini ditandai dengan adanya putik berwarna unggu dan kepala sari berwarna jingga.
5. Buah
Tanaman ini juga memiliki buah yang hampir menyerupai buah buni, dengan bentuk bulat oval memanjang, dengan warna kemerahan hingga kekuningan. Dalam satu buah memiliki beberapa biji yang berbentuk pipih, hingga bulat, dengan warna kecoklatan hingga kehitaman.

manfaat glodokan tiang
– sebagai tanaman evergreen serta penghijauan. Daunnya yang hijau dan rimbun jadikan pemandangan terlihat asri. Juga kapabilitas khusus pohon glodokan yang dapat berusia panjang sebagai kegunaan glodokan tiang.
– sebagai tanaman pelindung. Bisa melindungi manusia dan lingkungan dari panasnya matahari.
– jadi tanaman penyejuk. Sanggup meneruskan angin serta membawa udara lebih sejuk dan asri.
– menjadi tanaman peredam nada. Pohon glodokan tiang yang ditanam dengan rimbun dan bergerombol akan sanggup meredam nada dari kendaraan bermotor.
– menjadi produsen oksigen sekaligus mengurangi polusi udara. Pohon ini bisa menyerap polusi sekaligus memproduksi oksigen dengan sangatlah baik karna diperlengkapi dengan daun hijau yg begitu rimbun.

No comments:

Post a Comment