Friday, October 25, 2019

KLASIFIKASI MORUS ALBA By:Ilma Khoirun Nisa’ (X-MIPA 2)

Nama : Ilma khoirun Nisa’
Kelas      : X MIPA 2
No : 09
Tanaman Murubei (Morus Alba)
Deskripsi
Morus alba merupakan tanaman asli dari daerah utara cina namun sekarang telah dibudidaya di berbagai tempat baik daerah dengan iklim subtropics maupun tropis. Tanaman ini tergolong tanaman yang cepat tumbuh, berumur pendek dan memiliki tinggi 10-20 m.
Pada saat masa pertumbuhan, panjang daunnya dapat mencapai 30 cm dan terdapat banyak lobus sedangkan pada saat dewasa, panjang daunnya hanya mencapai 5-15 cm serta tidak memiliki lobus. Daunnya selalu gugur di musim gugur serta selalu hijau di daerah beriklim tropis.

KINGDOM : Platea
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Rosanae
ORDO : Rosales
FAMILI : Moraceae
GENUS : Morus L.
SPESIES : Morus alba L.


Khasiat tanaman murubei untuk kesehatan antara lain :
1. kulit akarnya dapat mengobati asam dan tekanan darah tinggi
2.Daun mudahnya dapat memperlancarkan ASI
3.Ekstrak daunnya bagus untuk kulit dan dapat mengobati bisul
4.kaya akan vitamin C dan dapat digunakan sebagain zat antiokidan
5.Daun merbei dapat mengobati diabetes


Manfaat Buah Murbei bagi kesehatan:
1. Kesehatan Pencernaan
Seperti kebanyakan buah-buahan dan sayuran, murbei juga mengandung serat. Serat dapat membantu Anda dalam meningkatkan kesehatan pencernaan yang lebih baik. Dengan begitu dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mencegah timbulnya masalah seperti sembelit.
2. Membantu Mempercepat Pemulihan
Jus buah murbei sangat bermanfaat bagi pasien pasca operasi. Hal ini dapat mempercepat proses penyembuhan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mencegah terjadinya infeksi. Selain itu, buah murbei juga dapat digunakan untuk membantu Anda dalam mempercepat pemulihan setelah masa melahirkan.
3. Mengontrol Gula Darah
Murbei atau mulberry mengandung beberapa senyawa yang dapat membantu dalam menyeimbangkan dan mengontrol gula darah pada penderita diabetes. Kehadiran flavonoid dalam murbei dapat mencegah kenaikan dan penurunan kadar gula yang tidak menentu pada penderita diabetes. Sehingga sangat efektif untuk mencegah terjadinya komplikasi pada penderita diabetes yang disebabkan karena lonjakan gula darah.
4. Menjaga Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi buah murbei dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Dimana hal ini dapat memperkuat sistem saraf dan mengurangi kolesterol jahat sehingga mencegah terjadinya penyumbatan di aliran darah. Dengan begitu, murbei menjadi sangat efektif dalam mencegah serangan jantung dan stroke.
5. Meningkatkan Penglihatan Mata
Dengan mengkonsumsi segelas jus murbei secara rutin juga dapat meningkatkan penglihatan pada mata. Hal ini dikarenakan murbei mengandung vitamin A yang dapat memperkuat pandangan mata dan mengurangi ketegangan pada mata.
Hal tersebut tentu sangat ideal untuk Anda yang menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer untuk bekerja. Selain itu juga dapat melindungi mata dari radikal bebas, yang menjadi penyebab gangguan penglihatan dan degenerasi pada retina.





Habitat dan Penyebaran
Murbei(Morus alba) merupakan tanaman asli dari Cina yang tersebar luas hampir di seluruh tempat baik di daerah dengan iklim tropis maupun sub tropis. Murbei dapat tumbuh baik pada ketinggian lebih dari 100 mdpl dan cukup matahari. Pohon murbei relatif besar dengan ketinggian 9-12 m serta diameter 0,5 cm.

No comments:

Post a Comment