Tuesday, October 29, 2019

KLASIFIKASI TANAMAN PUCUK MERAH BY:MAYANG APRILYA PUTRI (X-MIPA 2)


TANAMAN PUCUK MERAH(Syzygium oleana)
 Pucuk merah dikenal sebagai tanaman hias, karena daun muda atau pucuknya ketika tumbuh akan berwarna merah, sedangkan daun yang sudah tua berwarna hijau.
Tanaman dengan nama latin Syzygium oleana ini sering ditanam dipinggir jalan, halaman maupun dipekarangan rumah. Pucuk merah dapat diperbanyak bisa dengan 2 cara yakni cara Vegetatif dan cara generatif.
Pucuk merah mempunyai klasifikash tergolong dalam family Myrtaceae yakni keluarga tumbuhan dengan ukuran yang besar. Untuk lebih jelas tentang klasifikasi Pucuk merah bisa lihat ditabel bawah ini:

*     Klasifikasi Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Klasifikasi Pucuk Merah
(Syzygium oleana)
Kingdom
: Plantae
Sub kingdom
: Viridiplantae
Infra kingdom
: Streptophyta
Super divisi
: Embryophyta
Divisi
: Tracheophyta
Sub divisi
: Spermatophytina
Kelas
: Magnoliopsida
Super ordo
: Rosanae
Ordo
: Myrtales
Famili
: Myrtaceae
Genus
: Syzygium p. Br. Ex gaertn.
Spesies
: Syzygium oleana

*     Morfologi Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Untuk morfologi dari tanaman pucuk merah ini terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan biji atau buah. adapun keterangan lebih dari morfologi dari pucuk merah adalah sebagai berikut.

1.    Akar Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Pucuk merah mempunyai morfologi akar terdiri dari akar tunggang yang merambat dan terus membesar. Akar berbentuk bulat dan berwarna coklat. Akar dari tanaman ini bisa menopang lebih kuat agar tanaman pucuk merah bisa berdiri tegak.

2.    Batang Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Batang tanaman pucuk merah memiliki bentuk yang bulat, berkayu, dan mempunyai kambium didalamnya. Tinggi dari batang pucuk merah ini bisa mencapai ketinggian 5 meter jika tumbuh ditempat yang subur dan terdapat nutrisi yang tinggi.

3.    Daun Pucuk Merah (Syzygium oleana)
Bentuk dari daun pucuk merah ini berbentuk oval dengan lancip pada ujung daunnya, untuk struktur daun pucuk merah mempunyai tulang daun dengan tumbuh ditiap rantingnya. Warna dari daun pucuk merah ini cukup unik, karena jika daun masih muda, daunnya akan berwarna merah, seiring waktu daunnya akan berubah menjadi hijau. Dua warna yang dikombinasikan tersebut menjadikan tanaman ini memiliki warna yang indah jika dilihat.

4.    Bunga Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Bunga dari tanaman pucuk merah ini merupakan bunga yang majemuk dengan tersusun dalam malai berkarang terbatas. Ketika bunga sudah mekar, bunga dari pucuk merah akan tampak kepala putik yang berwarna putih dengan tangkai putik yang berukuran lebih pendek jika dibanding benang sari dari bunganya. Letak putik tepat berada di tengah sedangkan tangkai sari berwarna putih berukuran lebih panjang dari putiknya dan memiliki jumlah yang banyak.

5.    Buah atau biji Pucuk Merah (Syzygium oleana)

Pucuk merah memiliki buah yang berbentuk bulat agak pipih. Di bagian tengah dari permukaan atas buah terdapat cekungan. Ukuran dari buah pucuk merah berdiameter kira-kira 0,7 cm. Untuk warna dari buah ini berwarna hitam mengkilat ketika sudah tua.



*                        Manfaat Tanaman Pucuk merah
1.        Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pagar
Pemanfaatan tanaman pucuk merah sebagai pagar natural ini bisa kamu lakukan melalui teknik stek dengan memotong bagian tumbuhan tertentu, lalu ditanam dalam tanah selama beberapa waktu. Dengan begitu, sistem akar baru akan terbentuk dengan optimal sehingga ia tumbuh menyerupai pagar.Biarkan tanaman ini tumbuh rimbun agar dapat menutupi area taman depan rumah dengan lebih menyeluruh. Dapat tumbuh dengan diameter hingga 30 cm dan tinggi mencapai 7 meter, pagar dari tanaman pucuk merah pun siap membuat halaman di rumahmu menjadi rimbun dan sangat asri.
2.        Menambahkan Unsur Estetika di Halaman
Memiliki gradasi warna yang sangat unik, tanaman pucuk merah tak sekadar dapat dimanfaatkan sebagai pagar, namun juga dapat memperindah halaman rumahmu karena dapat dipangkas menjadi aneka bentuk yang unik untuk memanjakan mata saat melihatnya.
3.        Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pewarna Makanan
Memasak hidangan dengan pewarna kimia tentu dapat mengundang bahaya bagi tubuh. Untungnya, tanaman pucuk merah dapat menjadi alternatif pewarna makanan alami layaknya daun pandan ataupun daun suji sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh semua orang.
4.        Sebagai Antioksidan Alami dan Obat Diabetes
Tanaman pucuk merah juga memiliki manfaat besar untuk kesehatan, salah satunya berkat keberadaan kandungan senyawa polifenol pada bagian daun yang dapat digunakan sebagai antioksidan alami untuk mengurangi stres dan mampu melindungi sel beta pankreas akibat efek radikal bebas yang sangat berbahaya.
Selain itu, terdapat pula kandungan flavonoid pada tanaman pucuk merah yang secara efektif dapat mencegah penyakit diabetes dan komplikasinya.
5.        Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pengharum Ruangan
Selain memiliki daun yang tumbuh secara lebat, tanaman pucuk merah pun memiliki kandungan minyak atsiri yang diekstrak dari bagian daunnya. Minyak atsiri dari tanaman ini memiliki aroma yang sangat unik dan khas, di mana kamu bisa memanfaatkannya sebagai pengharum ruangan yang sangat menyegarkan.
6.        Tanaman Pucuk Merah Sebagai Penyerap Karbon
Jika dibandingkan dengan tanaman hias lainnya, tanaman pucuk merah memiliki kemampuan lebih besar untuk menyerap karbon dioksida. Maka jika kamu ingin meningkatkan kadar oksigen dan menciptakan hunian yang sehat, tak ada salahnya untuk segera menanam tanaman ini dan rasakan kesegaran udara yang dihasilkannya.
7.        Tanaman Pucuk Merah Sebagai Pencegah Longsor
Tanaman pucuk merah juga memiliki struktur akar tunggang yang sangat kuat. Kelebihan tersebut dapat kamu manfaatkan sebagai upaya pencegah longsor, utamanya jika kamu bertempat tinggal di kawasan perbukitan yang rentan terjadi bencana longsor. Bahkan, akar dari tanaman ini juga dapat menyimpan cadangan air dalam jumlah besar sehingga dapat diandalkan saat musim kemarau tiba.


No comments:

Post a Comment