Thursday, October 31, 2019


TANAMAN JARAK PAGAR (Jatropha curcas)
  • Morfologi Tanaman Jarak

1. Daun
Daun jarak berbentuk tunggal, berlekuk, bersudut 3 atau 5, tulang daun menjari dengan 5 -7 tulang utama, daun berwarna hijau degan permukaan bawah hijau pucat dibandingkan dengan permukaan atas yang cerah. Panjang dan lebar daun berkisar 6 – 15 cm
2. Batang
Batang jarak berkayu, berbentuk silindris, dan bila terluka akan mengeluarkan getah. Fungsiu utama batang adalah pada sistem percabangan yang akan mendukung perluasan bidang fotosintesi.
3. Bunga
Bunga tanaman jarak tersusun dari dua bagian yaitu bunga berkelamin satu( uniseksual ) dan berkelamin dua biseksual. Biasanya terdiri dari 100 bunga atau lebih, dengan persentasi betina 5 – 10 %. Bunga jantan mempunyai 10 tangkai sari yang tersusun dari dua lingkaran, masih – masing berisi limia tangkai sari yang menyatu.
4. Buah
Buah jarak berbentuk kendaga, oval, berupa buah kotak, berdiameter 2 -4 cm. Pembentukan buah ini membutuhkan waktu selama 90 hari dari pembungaan sampai matang. Dalam satu tangkai akan terdapa bunga, buah muda serta buah yang sudah kering, buah jarak terbagi menjadi tiga ruang yang masing p masing ruang bersisi 3 – 4 biji .
5. Biji
Biji tanaman jarak berbentuk oval lonjong, berwarna kecoklat hitaman, dengan ukuran panjang 2 cm, tebal 1 cm dan berat rata – rata 0,4 – 0,6 gram perbiji.


  • Klasifikasi ilmiahKingdom:Plantae

Divisi:Embryophyta
Kelas:SpermatopsidaOrdo:Malpighiales
Famili:EuphorbiaceaeGenus:Jatropha
Spesies:J. curcas
Nama binomial:Jatropha curcas

Manfaat Daun Jarak :
1. Penghasil Minyak
2. Mengatasi Sakit Gigi
3. Mengatasi Sariawan
4. Mengatasi Konstipasi (Sembelit)
5. Mengobati Luka
6. Mengobati Radang
7. Mengatasi Keputihan pada Mulut Bayi
8. Mengatasi Ketombe
9. Merawat Kesehatan Rambut

M. Ibnu Abbas A./X MIPA 3/21

No comments:

Post a Comment