Wednesday, October 30, 2019

Klasifikasi Bunga Mawar by : Izzah Septy ~ x MIPA 2

                              Bunga Mawar
                                 ( Rosa sp )
                                                

Deskripsi :
Bunga Mawar ( Rosa sp ) adalah salah satu jenis tanaman hias yang sangat terkenal dan juga populer. Bunga mawar ini pertama kalinya berasal dari dataran Cina, Timur Tengah dan Eropa Timur, yang menyebar luas keberbagai wilayah sampai saat ini. Terutamanya Indonesia yang banyak membudidayakan bunga mawar ini.
Budidaya bunga mawar sangat mudah dan juga sederhana, namun hanya saja membutuhkan perasawatan yang intensif untuk mencegah hama dan penyakit bunga mawar.  Bunga mawar ini masih berfamily dengan Rosaceae, yang dapat tumbuh dengan iklim suptropis dan tropis.
Dan juga, Mawar adalah suatu jenis tanaman semak dari genus Rosa sekaligus nama bunga yang dihasilkan tanaman ini. Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter.
Sebagian besar spesies mempunyai daun yang panjangnya antara 5–15 cm dengan dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 hingga 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah. Mawar sebetulnya bukan tanaman tropis, sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun.
Klasifikasi :
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : icotyledonae
Ordo : Rosanales
Famili : Rosaceae
Genus : Rosa
Spesies : Rosa Hiproida atau Rosa sp.
Manfaat :
- Membantu penurunan berat badan
- Bertindak sebagai afrodisiak alami
- Mengurangi stres dan depresi
- Membantu mengatasi ambeien atau wasir
- Kandungan zat-zat terkenal
- Obat jerawat alami
- Mencerahkan warna bibir
Cara Penggunaan :
- Membantu penurunan berat badan
Cara penggunaannya adalah masukkan sekitar 10-15 kelopak mawar segar ke dalam segelas air mendidih. Tunggulah sampai air berubah warna menjadi pink. Kamu juga bisa menambahkan madu dan sejumput bubuk kayu manis. Minum teh mawar ini secara teratur, terutama pada pagi hari, bisa meluruhkan timbunan lemak
- Bertindak sebagai afrodisiak alami
Tips yang perlu kamu lakukan adalah mengambil beberapa kelopak mawar, mencucinya dengan baik dan makan langsung setiap hari.
- Mengurangi stres dan depresi.
Tips yang perlu kamu lakukan adalah mandi air panas yang ditaburi kelopak mawar. Air panas ini akan melepaskan aroma mawar dan menyebar ke seluruh kamar mandi. Dengan begitu, kamu bisa menyantaikan pikiran dan tubuhmu.
- Membantu mengatasi ambeien atateratasi.
Caranya adalah kamu ambil segenggam kelopak mawar dicampur dengan 50 ml air, kemudian tumbuh sampai lebur. Nah, campuran ini jadikan minuman pada waktu perut kosong, terutama pagi hari, selama tiga hari. Perdarahan wasir akan teratasi.
- Kandungan zat-zat terkenal
Cara penggunaannya adalah percikkan air mawar ke kulit wajah secara teratur setiap hari. Lakukan cara ini terlebih setelah melakukan perawatan kulit rutin. Efeknya akan membuat kulitmu lebih bersinar dan menjaga kulit tetap sehat.
- Obat jerawat alami
Caranya adalah merendam beberapa biji fenugreek atau klabet (obat herbal berasal dari Nepal, India, Pakistan, dan sekitarnya, yang bisa menjadi bahan masakan dan dimanfaatkan untuk kesehatan) dalam air selama semalam. Setelah itu, bentuk klabet menjadi pasta bercampur dengan air mawar. Oleskan pada wajah, diamkan selama 20 menit, lantas bilas dengan air mawar dingin.
- Mencerahkan warna bibir
Cara penggunaanya adalah membuat pasta dari kelopak mawar segar dengan menambahkan satu sendok susu krim dan beberapa tetes madu. Kemudian, oleskan pasta ini di bibirmu. Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilaslah dengan air.

No comments:

Post a Comment