Thursday, October 24, 2019

Gandarusa (Alfinamipa2)

Nama : Khoirun Nisa Alfina
Kelas : X MIPA 2
Absen : 12

Gandarusa (Justicia gendarussa)
Divisi        : Spermatophyta
Sub divisi  : Angiospermae
Kelas        : Dicotyledoneae
Bangsa     : Euphorbiales
Suku        : Euphorbiaceae
Marga       : Justicia
Spesies     : Justicia gendarussa
Sinonim    : Gendarussa vulgaris Nees.; Justicia gendarussa, Linn.
Deskripsi Morfologi
  • Habitus : Perdu, tegak, tinggi ± 1,8 m.
  • Batang  : Berkayu, segiempat, bercabang, beruas, coklat.
  • Daun     : Tunggal, lanset, panjang 3-6,20 cm, lebar 1,5-3,5 cm, pertulangan menyirip, berhadapan, bertangkai pendek, hijau tua.
  • Bunga   : Majemuk, bentuk malai, panjang 3-12 cm, putik ungu, kepala sari kuning, mahkota bentuk tabung, berbibir dua, ungu
  • Buah     : Bentuk gada, bertiji empat, licin, masih muda hijau setelah tua hitam.
  • Biji : Kecil, keras, coklat.
  • Akar : Tunggang, coklat muda.
Bagian tanaman yang digunakan
Seluruh bagian tumbuhan
Kandungan Kimia
Alkaloid, Saponin, Flavonoid, Polifenol, Alkaloid yustisina, Minyak atsiri.
Khasiat dan Manfaat
Daun Justicia gendarussa berkhasiat sebagai obat pegal linu, obat pening dan obat haid tidak teratur. Untuk obat sakit pegal linu dipakai ±1,5 gram daun segar Justicia gendarussa, dicuci, ditambah 1 sendok teh minyak kelapa digerus sampai lumat, kemudian digosokan pada bagian yang sakit.

Tanaman gandarusa atau dengan nama latin Justicia gendarussa Burm. f. termasuk familia Acanthaceae merupakan tumbuhan semak, yang pada umumnya ditanam sebagai pasar hidup atau tumbuh liar di hutan, tanggul sungai atau dipelihara sebagai tanaman obat yang bersifat herbal, dan tumbuh pada ketinggian 1 – 500 m di atas permukaan laut. Tumbuh tegak, tinggi dapat mencapai 2 m, percabangan banyak, dimulai dari dekat pangkal batang. Cabang-cabang yang masih muda berwarna ungu gelap, dan bila sudah tua warnanya menjadi coklat mengkilat. Daun letak berhadapan, berupa daun tunggal yang bentuknya lanset dengan panjang 5-20 cm, lebar 1 – 3,5 cm, tepi rata, ujung daun meruncing, pangkal berbentuk biji bertangkai pendek antara 5 – 7,5 mm, warna daun hijau gelap.
Bunga kecil berwama putih atau dadu yang tersusun dalam rangkaian berupa malai/bulir yang menguncup, berambut menyebar dan keluar dari ketiak daun atau ujung tangkai. Buahnya berbentuk bulat panjang. Selain yang berbatang hitam (lebih populer) ada juga yang berbatang hijau.
Tanaman ganda Rusa sebagai tanaman herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti  Luka terpukul (memar), Tulang patah, Reumatik, Bisul; Borok, Koreng;Sakit kepala dan Rematik.  Kulit pohon dipakai untuk merangsang muntah, daun dapat digunakan untuk membunuh serangga.  Pada  umumnya daun tanaman gandarusa dapat digunakan sebagai bahan kosmetik dalam perawantan wajah.  Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tumbuhan gandarusa dapat digunakan sebagai biopestisida dalam
Mengendalikan hama ulatgrayak dengan mortalitas larva antara 75-80%.

No comments:

Post a Comment