Friday, October 25, 2019

KLASIFIKASI POHON KAKAO By:Syaifa Gadis (X-MIPA 2)


Nama       : Syaifa Gadis Maghfirotul Laili
Kelas       : X MIPA 2
No Absen: 29


POHON KAKAO(Theobroma cacao )

Ø Deskripsi
Kakao adalah tanaman pohon tahunan (Perennial) dengan tinggi mencapai 5 meter. Indonesia    merupakan negara pemasok komoditi kakao ketiga terbesar di dunia setelah Pantai Gading (38%) dan Ghana (20%) dengan presentase ekspor 13%.
Perkebunan kakao telah berkembang pesat dalam 20 tahun terakhir dengan pengelolaan 
perkebunan sebagai besar dikelola oleh rakyat (87,4%) dan selebihnya dikelola oleh negara sebesar 6% serta perkebunan swasta 6,7%. Rata-rata produksi kakao nasional sebesar 897 kg/ha/tahun.
Dengan fakta-fakta tersebut, kakao telah berkembang menjadi salah satu komoditi pertanian ekspor unggulan Indonesia. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi kakao

Ø Klasifikasi
Kingdom : Plantae
Divisi       : Tracheophyta
Kelas       : Magnoliopsida
Ordo       : Malvales
Famili     : Malvaceace
Genus    : Theobroma L.
Spesies  : Theobroma cacao L.
Ø Ciri ciri Akar Tanaman Kakao
Secara umum tanaman kakao memiliki jenis akar tunggang, yang tumbuh didalam tanah menuju inti bumi dengan tujuan mencari ketersediaan air dan unsur hara.
Pada tanaman kakao yang dirawat dengan tepat dan baik, akan menghasilkan akar tunggang lebih panjang dan subur dibanding tanaman kakao liar.
Biasanya tanaman kakao yang mengalami perawatan akan memiliki akar dengan panjang tiga puluh sampai tiga puluh lima (30-35 cm) sedangakan untuk tanaman kakao liar akan lebih pendek dari itu.
Ø Ciri ciri Daun Tanaman Kakao
Daun pada tanaman kakao memiliki bentuk oval memanjang dengan bagian ujung daun lancip. Tersusun berdasarkan tulang daun menyirip, layaknya tulang ikan.
Jika diperhatikan lebih dekat, daun permukaan atas akan lebih mengkilat dan halus dibanding permukaan dasar yang kusam dan kesat.
Untuk fungsi daun pada tanaman kakao hampir sama dengan fungsi daun tanaman lain, yaitu sebagai tempat fotosintesis, sebagai tempat pernafasan atau adanya stomata yang berguna untuk pertukaran udara antara Co2 dan O2, lalu sebagai tempat penguapan air atau transpirasi.
Ø Ciri ciri Batang Pada Tanaman Kakao
Untuk ciri ciri tanaman kakao selanjutnya adalah batang, kakao memiliki batang dengan diameter antar tiga sampai lima sentimeter, namun ada juga yang lebih tergantung kesuburan tanaman kakao itu sendiri.
Ø Manfaat biji kakao
Biji kakao adalah tanaman penghasil cokelat. Dikenal sejak lama sebagai makanan, kini biji kakao juga digunakan oleh beberapa orang sebagai obat. Biji kakao diketahui dapat membantu mengatasi infeksi usus, diareasma, bronkitis, dan sebagai ekspektoran untuk paru-paru yang tersumbat. 
Sementara kulit bijinya diketahui membantu pengobatan penyakit hati, kandung kemih, penyakit ginjal, dan diabetes. Selain itu, krim kakao juga digunakan secara oles untuk mengobati kerutan dan mencegah stretch mark pada kehamilan.
Beberapa penelitian juga menyebuBiji kakao adalah tanaman penghasil cokelat. Dikenal sejak lama sebagai makanan, kini biji kakao juga digunakan oleh beberapa orang sebagai obat. Biji kakao diketahui dapat membantu mengatasi infeksi usus, diareasma, bronkitis, dan sebagai ekspektoran untuk paru-paru yang tersumbat. 


No comments:

Post a Comment