Monday, October 28, 2019

Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya (Stevi Aprilianti.C/X-MIPA 2)

                         Lidah Buaya
                          (Aloe Vera)
Lidah buaya (Aloe vera) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika.
 Lidah buaya
Aloe vera


Taksonomi

Infrakerajaan
Streptophyta ·

Superdivisi
Embryophyta ·

Divisio
Tracheophyta ·

Upadivisi
Spermatophytina ·

-
angiosperms ·

-
monocots ·

Ordo
Asparagales ·

Familia
Xanthorrhoeaceae ·

Upafamilia
Asphodeloideae ·

Genus
Aloe ·

Spesies Aloe vera
Nicolaas Laurens Burman  , 1768


Manfaat beserta cara pengolahan lidah buaya
Setelah di atas tadi dipaparkan secara singkat mengenai aneka manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Berikut ini akan dijelaskan tentang cara pembuatan resep atau ramuan berbahan dasar lidah buaya untuk aneka obat-obatan seperti telah dipublikasikan PDII-LIPI melalui laman warintek.ristek.go.id.

Cacingan susah buang air kecil. Siapkan akar lidah buaya, cuci lalu jemur sampai kering. Selanjunya rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal lira-kira setengah gelas. Lalu, minum ramuan sekaligus.

Mengobati ambeien. Ambil 1/2 batang daun lidah buaya dibuang duri-durinya, cuci dan parut. Beri 1/2 gelas air lalu peras. Selanjutnya kasih 2 sendok makan madu. Minum secara rutin sehari tiga kali.

Mengobati sembelit. Cuci dan kupas 1/2 batang daun lidah buaya. Potong kecil-kecil isinya. Seduh dengan 1/2 gelas air. Beri 1 sendok makan madu. Makan selagi hangat. Lakukan dua kali sehari.

Sebagai penyubur rambut. Sipakan daun lidah buaya secukupnya. Cuci lalu kupas. Selanjutnya gosokkan daging lidah buaya pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

Mengobati luka bakar/tersiram air panas (ringan). Daun lidah buaya dicuci bersih dan dikupas. Tempelkan bagian dalamnya pada bagian yang terkena api/air panas.

Mengobati bisul. Ambil daun lidah buaya secukupnya. Cuci, kupas, dan lumatkan. Beri sedikit garam. Selanjutnya, tempelkan pada anggota tubuh yang terserang bisul.

Mengobati jerawat, noda-noda hitam. Daun lidah buaya secukupnya dicuci lalu dikupas. Selanjutnya blender isi atau daging lidah buaya tadi. Seperlima gelas cairan diaduk dengan tepung beras (bedak) dingin sampai kental. Aduk rata dan laburkan ke wajah. Biarkan selama ± 30 menit, lalu bilas.

Mengobati batuk membandel. Siapkan 20 gram daun lidah buaya, cuci, kupas lalu potong-potong. Tambahkan 2 sendok makan madu murni. Minum ramuan dua kali sehari. Ulangi selama 10 hari.

Mengobati diabetes. Ambil 2 daun lidah buaya. Kemudian cuci, buang durinya, dan dipotong-potong. Selanjutnya, rebus dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum dua sampai tiga kali sehari, sesudah makan. Sekali minum 1/2 gelas.

Mengobati radang tenggorokan. Cuci dan kupas 1 daun lidah buaya. Isi atau dagingnya dipotong-potong, bisa juga diblender. Tambahkan madu murni secukupnya lalu minum tiga kali sehari.

>>  Perlu diperhatikan! Lidah buaya tidak diperuntukkan untuk dikonsumsi oleh wanita/ibu hamil, ibu menyusui, wanita sedang menstruasi yang mengalami pendarahan hebat, penderita gangguan pada perut atau usus buntu. <<

No comments:

Post a Comment