Monday, October 28, 2019

Klasifikasi Kelengkeng (Dimocarpus longan) By:Zinniya F (X-MIPA 2/35)


KLASIFIKASI KELENGKENG
Oleh:Zinniya Fatihah (X-MIPA 2)






Dimocarpus longan
*Deskripsi
Pohon lengkeng dapat mencapai tinggi 40 m dan diameter batangnya hingga sekitar 1 m. Berdaun majemuk, dengan 2-4(-6) pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada bagian aksialnya. Tangkai daun 1–20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang, panjang lk. 1-5 kali lebarnya, bervariasi 3-45 × 1,5–20 cm, mengertas sampai menjangat, dengan bulu-bulu kempa terutama di sebalah bawah di dekat pertulangan daun.
Perbungaan umumnya di ujung (flos terminalis), 4–80 cm panjangnya, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang hingga 6 mm.
Buah bulat, coklat kekuningan, hampir gundul; licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus) tipis berwarna putih dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Terkadang berbau agak keras.
*Klasifikasi Ilmiah
Kingdom
Plantae
Sub Kingdom
Viridiplantae
Infra Kingdom
Streptophyta
Super Divisi
Embryophyta
Divisi
Tracheophyta
Sub Divisi
Spermatophytina
Kelas
Magnoliopsida
Super Ordo
Rosanae
Ordo
Sapindales
Famili
Sapindaceae
Genus
Dimocarpus Lour.
Spesies
Dimocarpus logan Lour.
*Morfologi Kelengkeng
Akar
Tanaman Kelengkeng memiliki akar tunggang yang dalam dan akar kesamping yang luas.

Batang
Tanaman Kelengkeng memiliki percabangan yang banyak.

Daun
Tanaman Kelengkeng memiliki daun majemuk, dengan 2-4 pasang anak daun, sebagian besar berbulu rapat pada aksialnya. Tangkai daun 1-20 cm, tangkai anak daun 0,5-3,5 cm. Anak daun bulat memanjang.

Bunga
Perbungaan umumnya di ujung (flos terminalis), panjangnya sekitar 4-80 cm, lebat dengan bulu-bulu kempa, bentuk payung menggarpu. Mahkota bunga lima helai, panjang hingga 6 mm.



Buah
Tanaman Kelengkeng  memiliki buah yang bulat, warna coklat kekuningan, hampir gundul, licin, berbutir-butir, berbintil kasar atau beronak, bergantung pada jenisnya. Daging buah (arilus) tipis berwarna puith dan agak bening. Pembungkus biji berwarna coklat kehitaman, mengkilat. Terkadang berbau agak keras.

Biji
Tanaman Kelengkeng Bijinya berbentuk bulat, terdiri dari dua keping dan dilapisi kulit biji yang berwarna hitam. Daging bijinya sendiri berwarna putih, mengandung karbohidrat, sedikit minyak, dan saponin.

*Manfaat

1. Sebagai Anti Depresan
Bagi kamu yang lelah sehabis pulang kerja, ditambah pula dengan beban tugas kerja yang menumpuk maka kondisi tubuh akan menjadi rentan terhadap penyakit dan stress. Untuk mencegah itu, anda dapat mengambil manfaat buah kelengkeng. Kelengkeng memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kelengkeng juga dapat mengobati insomnia dan  penyakit kelainan tidur lainnya.
2.  Menangkal Serangan Radikal Bebas
Di dalam kelengkeng terkandung polifenol (antioksidan) yang ampuh menangkal serangan radikal bebas di dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel-sel. Itulah mengapa, orang yang rajin mengonsumsi buah ini akan terhindar dari penyakit anemiakanker dan penyakit kronis lainnya.
3. Mencegah Anemia
Manfaat buah kelengkeng selanjutnya yaitu mencegah anemia. Hal ini diperantarai oleh kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat menunjang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh, sampai akhirnya akan mencegah kita dari penyakit kekurangan darah atau yang lebih kita kenal dengan anemia.
4. Penambah Energi
Rasanya yang manis menandakan bahwa buah ini mengandung gula yang banyak. Gula merupakan sumber energi yang mudah diserap oleh tubuh. Jadi, ketika Anda lapar atau lelah setelah berolahraga, maka dengan mengonsumsi buah ini energi Anda akan cepat kembali.
5. Diet Alami                                        
Buah kelengkeng sangat rendah lemak dan kalori, bagi mereka yang ingin mengurangi lemak dari tubuh mereka mengonsumsi kelengkeng adalah solusi yang tepat. Kelengkeng juga mengandung karbohidrat kompleks yang meningkatkan energi,  stamina dan mengurangi nafsu makan. Setengah cangkir lengkeng mengandung hanya 35 kalori sehingga merupakan tambahan yang sehat untuk diet rendah kalori.



No comments:

Post a Comment