Friday, October 25, 2019

PEPAYA (Carica papaya L.)
Nama: Aura Dwi Paramita
Kelas: X MIPA 1/04


KLASIFIKASI
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Dilleniidae
Ordo: Violales
Famili: Caricaceae
Genus: Carica
Spesies: Carica papaya L.

HABITAT
Tanaman pepaya banyak ditanam orang, baik di daeah tropis maupun sub tropis, di daerah basah dan kering atau di dataran rendah dan pegunungan (sampai 1000 m dpl).Tanaman ini juga dibudidayakan di kebun-kebun luas karena buahnya yang segar dan bergizi.

MANFAAT
Buah masak yang populer sebagai “buah meja”, selain untuk pencuci mulut juga sebagai pensuplai nutrisi/gizi terutama vitamin A dan C. Buah pepaya masak yangmudah rusak perlu diolah dijadikan makanan seperti sari pepaya, dodol pepaya. Dalam industri makanan buah pepaya sering dijadikan bahan baku pembuatan (pencampur) saus tomat yakni untuk penambah cita rasa, warna dan kadar vitamin.
Dalam industri makanan, akarnya dapat digunakan sebagai obat penyembuh sakit ginjal dan kandung kencing.
Daunnya sebagai obat penyembuh penyakit malaria, kejang perut dan sakit panas. Bahkan daun mudanya enak dilalap dan untuk menambah nafsu makan,
serta dapat menyembuhkan penyakit beri-beri dan untuk menyusun ransum ayam.
Batang buah muda dan daunnya mengandung getah putih yang berisikan enzim
pemecah protein yang disebut “papaine” sehingga dapat melunakan daging untuk bahan kosmetik dan digunakan pada industri minuman (penjernih), industry farmasi dan textil.
Bunga pepaya yang berwarna putih dapat dirangkai dan digunakan sebagai “bunga kalung” pengganti bunga melati atau sering dibuat urap. Batangnya dapat dijadikan pencampur makanan ternak melalui proses pengirisan dan pengeringanu.

CARA PEMANFAATAN

Manfaat daun pepaya untuk wanita
1. Meredakan kram menstruasi

Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang kram menstruasi adalah dengan merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan hingga hangat dan minumlah. Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan membantu mempercepat reaksinya dalam perut sehingga nyeri haid dapat segera diatasi. Untuk hasil yang optimal minumlah rebusan daun pepaya beberapa kali dalam sehari.

2. Menambah kelancaran ASI pada ibu menyusui

Untuk ibu yang sedang menyusui ketika baru melahirkan seorang anak, ada baiknya jika mengganti suplemen atau vitamin non alami dengan mengonsumsi daun pepaya untuk menambah kelancaran ASInya. Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang menyusui, tidak harus dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, namun bisa juga dengan diolah dalam bentuk makanan rumahan. Untuk mengolahnya tentunya harus dengan  proses pengolahan yang benar agar rasa pahit dari daun pepaya tidak terlalu terasa.

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan
Selain bermanfaat untuk wanita, berkat kandungan gizinya manfaat daun pepaya juga baik untuk kesehatan secara umum. Berikut ini manfaat daun pepaya untuk kesehatan manusia.
3. Untuk penyakit demam berdarah

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah untuk penyakit demam berdarah. Zat aktif daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Cara mengambil manfaat daun pepaya adalah dengan meminum air rebusannya. Rebus lebih kurang 5 lembar daun pepaya hingga masak lalu dinginkan sebelum diminum.

4. Perbaiki saluran pencernaan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk memperbaiki saluran pencernaan. Mengonsumsi daun pepaya juga dapat melancarkan pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena adanya zat karpin dalam daun pepaya. Daun karpain sendiri dapat membasmi mikroorganime jahat yang mengganggu pencernaan.

No comments:

Post a Comment