Saturday, October 19, 2019

Nama:Umi Nadliroh(32)
Kelas:X-MIPA 2

Kangkung(Ipomoea aquatica)
•Deskripsi
Ipomoea aquatica tumbuh di air atau di tanah yang lembab. Batangnya 2-3 meter (7-10 kaki) atau lebih, rooting di node, dan mereka berongga dan bisa melayang. Daun bervariasi dari biasanya sagittate (berbentuk kepala panah) ke lanset, panjang 5–15 cm (2–6 in) dan lebar 2–8 cm (0,8–3 in). Bunganya berbentuk terompet, berdiameter 3-5 cm (1-2 in), dan biasanya berwarna putih dengan pusat ungu muda. Perbanyakan adalah dengan menanam stek pucuk batang yang akan berakar sepanjang simpul atau menanam benih dari bunga yang menghasilkan polong biji.
Ipomoea aquatica adalah tanaman tropis semiaquatic yang ditanam sebagai sayuran untuk tunas dan daunnya yang lembut. Ini ditemukan di seluruh daerah tropis dan subtropis di dunia, meskipun tidak diketahui dari mana asalnya. Tanaman ini dikenal dalam bahasa Inggris sebagai bayam air, bayam sungai, morning glory air, konvolvulus air, atau dengan nama yang lebih ambigu bayam Cina, selada air Cina, konvolvulus Cina, kol rawa atau kangkong di Asia Tenggara. Kadang-kadang, itu juga secara keliru disebut "kale" dalam bahasa Inggris, meskipun kale adalah jenis mustard milik spesies Brassica oleracea dan sama sekali tidak terkait dengan bayam air, yang merupakan spesies Morning glory.

•Klasifikasi
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Convolvulaceae
Genus: Ipomoea
Spesies: Ipomoea aquatica

•Habitat
Vine, Forb/herb

•Kandungan
Kangkung air mengandung senyawa polifenol, saponin, flavonoid. Pustaka lain menyebutkan adanya senyawa sitosterol, karotenoid dan hentriakontan di dalam tanaman ini (Muchtadi 2000). Penelitian lebih lanjut telah dilakukan isolasi senyawa 7-O-β-D-gluko piranosil – dihidrokuersetin – 3-O-α-D-glukopiranosid yang bertanggung jawab terhadap efek antioksidan (Prasad et al. 2005).

•Manfaat
1. Ketombe     4.Sariawan
2. Mimisan      5. Pusing-pusing sebelah
3. Sakit gigi     6. Cacar air

•Kegunaan
Hampir keseluruhan tanaman muda dapat dimakan. Karena kangkung tua berserat kasar, pucuk yang muda lebih digemari. Ia dapat dimakan mentah atau dimasak seperti bayam. Kangkung sering juga digoreng sebagai cah. Plecing kangkung merupakan menu yang terkenal dari daerah Lombok.

No comments:

Post a Comment